Info Sekolah
Selasa, 30 Apr 2024
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE MIN KAPUAS HULU " Nuan Datang Kami Sambut, Nuan Pulang Kami Do'a Kan "
20 Oktober 2021

MIN Kapuas Hulu Melaksanakan Gladi Bersih AKMI KEMENAG dan ANBK KEMENDIKBUD RISTEK Tahun 2021

Rabu, 20 Oktober 2021 Kategori : Kegiatan MIN KH / Kesiswaan / Pendidikan

 Putussibau Utara – minkapuashulu.sch.id

        Tahun pelajaran 2021/2022 MIN Kapuas Hulu menjadi salah satu madrasah yang menjadi target pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia ( AKMI )  yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kedua agenda tersebut akan dilaksanakan pada bulan awal November 2021, yang didahului oleh pelaksaan AKMI yang dilaksanakan tanggal 8 dan 9 November 2021.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.

Ditemui diruangannya Kepala MIN Kapuas Hulu Bapak Kusnadi,S.Pd,M.M.Pd menjelaskan “Nantinya hasil asesmen tersebut dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran”.

AKMI bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

Adapun fungsi dari Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah sebagai berikut:

1.Untuk mendiagnosis kompetensi peserta didik dan tindak lanjut perbaikan pembelajaran.

2.Sebagai bahan pemetaan mutu pendidikan madrasah.

3.Sebagai Bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam    peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

Agenda yang kedua yaitu ANBK yang akan dilaksanaknan tanggal 15 dan 16 November 2021.

Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.

Ada tiga kategori pengukuran dalam ANBK, yakni :

1.Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil  belajar kognitif;

2.Survei karakter, yang mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif;

3.Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan kedua agenda tersebut, MIN Kapuas Hulu telah mengikuti dua agenda persiapan, yaitu simulasi dan gladi bersih yang baru saja selesai dilaksanakan.

Bapak Kusnadi juga mengatakan bahwa “Selain dalam rangka memastikan kesiapan sarana dan prasarana, kegiatan gladi bersih ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa dalam mengikuti kegiata AKMI dan ANBK mengingat ini merupakan kegiatan perdana bagi siswa dalam mengikuti evaluasi berbasis komputer”

“Alhamdullillah pelaksanaan gladi bersih berjalan dengan lancar, walau ada beberapa kendala teknis, namun Alhamdulillah dapat ditanggulangi oleh panitia dan tim teknis. Besar harapan kami, dalam pelaksanaan kegiatan yang sesungguhnya nanti, kendala ini tidak terjadi lagi, terutama masalah jaringan, mengingat MIN Kapuas Hulu mengikuti AKMI dan ANBK dengan moda full online”,Pungkasnya.

Sementara itu ditemui diruangan Kegiatan, Ibu Zulhidayati,S.Pd.I selaku waka kurikulum dan juga ketua Panitia kegiatan mengatakan bahwa “ Kegiatan AKMI dan ANBK ini di ikuti oleh Peserta didik yang sekarang berada di Kelas V,yang mana Untuk Kegiatan AKMI diikuti oleh seluruh siswa kelas V dan untuk kegiatan ANBK diikuti sebanyak 40 Siswa sebagai sample.

“Alhamdulillah,Berkat kerjasama Panitia dan bimbingan dari Kepala MIN Kapuas Hulu kegiatan Gladi Bersih AKMI dan ANBK ini bisa terlaksana,Meski ada kendala pada jaringan, tetapi Kegiatan masih tetap bisa berjalan,semoga bisa  terus berjalan dengan lancar sampai dengan Hari H “,Ucapnya.

*( Rohendri_J )

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar